:: Selamat Datang,,,,

Assalamu'alaikum, Terima Kasih telah Berkunjung

Friday, November 13, 2009

KUPAS MANGGA

Mangga atau mangifera indica diduga berasal dari benua Asia Selatan & Asia Tenggara, termasuk India Timur, Myanmar, dan Bangladesh, hal ini ditentukan dari wujud fosil yang tampak sejak 25 hingga 30 juta tahun lalu.

Mangga banyak ditemukan di Indonesia, karena tanaman ini sangat cocok tumbuh di daerah tropis. Mangga biasa tumbuh di daerah dataran rendah, namun ada juga yang bisa tumbuh di daerah dataran tinggi hingga 600 m dpl. Varietas Mangga di dunia diperkirakan ada sekitar 2.000 jenis.

Dari berbagai jenis Mangga, dibalik kesegaran dan rasanya yang manis, ternyata mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan , karena mengandung zat–zat yg sangat berguna bagi tubuh, diantaranya menjadi sumber serat, sumber vitamin C dan E, anti oksidan dan berbagai mineral.

Mangga mengandung zat karotenoid atau beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker.

Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.

Mangga memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu, yaitu bersifat pengelat (astringent), peluruh urine, penyegar, penambah napsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan.

Kandungan asam galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.
Mangga pun berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan penglihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik.

Contoh pemanfaatan mangga untuk mengatasi penyakit antara lain:

Meringankan Influensa : 200 gram daging buah mangga ditambah 10 gram jahe, dan dua batang daun bawang putih. Bahan-bahan ini direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum selagi masih hangat.

Radang Kulit : 150 gram kulit buah mangga dimasak dengan air secukupnya hingga mendidih. Dalam kondisi hangat, air rebusan ini dipakai untuk mencuci bagian kulit yang mengalami sakit atau peradangan. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi eksim.

Mabuk Perjalanan : mangga yang sebelumnya dikeringkan lalu direbus dengan air secukupnya. Setelah hangat, tambahkan madu secukupnya dan 10 cc air jeruk nipis lalu diaduk hingga rata. Selanjutnya ramuan ini diminum selagi hangat.

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment